Alasan Mengapa Banyak yang Menghapus Pertemanan di Facebook

Apakah belakangan ini jumlah pertemanan Anda di Facebook berkurang drastis? Sebagian orang pasti merasa heran, tapi sebagian besar dari Anda pasti menganggap hal ini adalah hal yang sangat wajar.

Kalau dulu, mungkin beberapa dari kita menganggap bahwa banyak teman di media sosial akan banyak pula wawasan dan peluang untuk berbisnis. Tapi hal itu ternyata berbeda dengan sekarang. Perilaku para pengguna media sosial berubah drastis sejak Pemilihan Umum, baik itu Pemilihan Presiden maupun Pilkada Jakarta baru-baru ini.

 Fenomena Unfriend/ Unfollow ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi juga di negara lain seperti Amerika Serikat. Banyak sekali pengguna media sosial menghapus pertemanan mereka di Facebook karena alasa berbeda pandangan politik.

Ternyata fenomena menghapus pertemanan di Facebook tersebut bukan hanya karena pandangan politik yang berbeda saja lho. Ada beberapa alasan lainnya, berikut ini ulasannya:

Alasan Menghapus Pertemanan di Facebook

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh sebuah perusahaan perjalanan, Sunshine, ada beberapa alasan pengguna Facebook menghapus pertemanannya. Survey ini dilakukan terhadap 2000 orang di Inggris yang sebagian besar sudah menghapus pertemanannya dengan orang lain di Facebook tahun 20017 ini.

1. Pandangan Politik yang Berbeda

Dari 2000 orang yang disurvei, ada sekitar 28% yang mengatakan bahwa mereka menghapus pertemanan di Facebook karena berbeda pandangan politik dengan orang lain. Survei ini dilakukan di Inggris lho, pasti berbeda hasilnya bila survei dilakukan di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, perbedaan pandangan politik juga merupakan alasan yang paling banyak menghapus pertemanan di Facebook. Hal ini terjadi sejak Pemilihan Presiden tahun 2014 silam, di mana kita bisa saksikan bahwa kampanye hitam dan berbau SARA sangat marak kita temukan di Facebook.

Dan yang terbaru adalah PILKADA DKI Jakarta 2017 yang baru saja selesai. Kita bisa melihat dengan sangat jelas bagaimana bentuk kampanye hitam dan berbau SARA kepada salah satu pasangan calon. Perdebatan sengit para pendukung masing-masing pasangan calon Gubernur Jakarta merambah hingga ke media sosial, terutama Facebook. Tidak heran ada banyak sekali pengguna Facebook yang Unfriend/ Unfollow/ Block teman lamanya di Facebook.

2. Pertengkaran dengan Teman

Dari 2000 orang Inggris yang disurvei, ada sekitar 24 % mengatakan bahwa pertengkaran dengan teman menjadi alasan mereka menghapus pertemanan di Facebook. Tidak disebutkan pertengkaran ini dalam hal apa, tapi bisa banyak penyebabnya.

Bila kita melihat di Indonesia sendiri, sepertinya tidak jauh berbeda dengan survei di Inggris. Biasanya orang yang bertengkar cukup intens di media sosial akan berujung dengan menghapus pertemanan mereka, atau bahkan memblokir akun temannya karena sudah terlalu kesal.

3. Teman Upload Foto Liburan

Kalau menurut saya pribadi alasan ini agak aneh, karena foto liburan bukanlah sesuatu yang membuat saya bisa menghapus pertemanan di Facebook. Tapi dari hasil survei tersebut menyebutkan bahwa ada sekitar 21% orang menghapus pertemanan di Facebook karena temannya mengupload foto liburan ke akun Facebook mereka.

Kalau boleh saya berpendapat, kemungkinan hal tersebut (unfriend/unfollow/block) dilakukan karena ada rasa iri dalam diri seseorang. Rasa iri karena tidak bisa liburan ke tempat impian membuatnya menjadi marah dan kesal sehingga berakhir menghapus pertemanan.

Menurut saya, orang Indonesia belum separah itu. Mungkin ada beberapa orang yang melakukannya. Tapi sebagian besar pasti tidak merasa bahwa foto liburan seorang teman bisa menjadi alasan untuk menghapus pertemanan di media sosial.

4. Terlalu Banyak Upload Foto Selfie dan ‘Nyinyir’

Berikutnya, alasan menghapus pertemanan di Facebook adalah teman yang terlalu banyak mengupload foto selfie-nya ke Facebook. Dari 2000 orang yang disurvei, ada sekitar 15% mengatakan bahwa foto selfie temannya di Facebook membuatnya tidak nyaman dan akhirnya menghapus pertemanan mereka.

Hal ini menjelaskan mengapa pihak Facebook sudah menyediakan tools untuk menyembunyikan unggahan teman. Jadi, ketika Anda melihat seorang teman terlalu banyak upload foto selfie, maka Anda tinggal menyembunyikan (hide) unggahan tersebut. Tidak perlu menghapus pertemanan.

Selain karena foto selfie, kebiasaanya nyinyir di Facebook juga ternyata bisa berakibat kehilangan pertemanan di media sosial. Hal ini pasti banyak terjadi di Indonesia. Seseorang yang selalu berkomentar negatif tentang banyak hal tentu membuat kita tidak nyaman. Kalau sudah begitu lebih baik di Unfollow, atau kalau sudah parah Unfriend saja.

5. Tidak Kenal di Dunia Nyata

Dari hasil survei kepada 2000 orang di Inggris ditemukan fakta bahwa ada 10% pengguna media sosial Facebook menghapus pertemanannya karena alasan tidak kenal atau kurang kenal di dunia nyata. Alasan ini menurut saya sangat masuk akal.

Kalau dulu mungkin orang senang memiliki banyak teman di Facebook karena banyak teman bisa berarti terkenal atau banyak yang akan memperhatikan. Tentunya hal ini berbeda dengan kondisi pengguna sosial media saat ini.

Masyarakat di dunia digital saat ini sangat memperhatikan privasi mereka. Selain membatasi orang yang bisa mengakses akun media sosial Facebook-nya, sebagian besar orang memilih hanya berteman di Facebook dengan orang-orang yang memang mereka kenal di dunia nyata.

6. Alasan yang Tidak Spesifik

Dari hasil survei disebutkan bahwa ada hal-hal lain yang menyebabkan seseorang menghapus pertemanan di Facebook. Tidak disebutkan secara spesifik penyebabnya apa, tapi beberapa dari mereka menyebutkan bahwa mereka menghapus pertemanan dengan mantan pacar.

Bila kita perhatikan pengguna sosmed di Indonesia, semakin lama semakin memperhatikan privacy dalam bersosial media. Tak jarang pengguna Facebook menghapus pertemanan dengan akun yang suka tag sembarangan untuk tujuan promosi. Dan banyak juga pengguna Facebook yang menghapus pertemanan dengan mantannya karena si mantan sudah menikah atau punya anak.

7. Terlalu Sering Jualan di Facebook

Saya pribadi tidak mempermasalahkan teman sering berjualan di Facebook, namun ternyata ada beberapa pengguna FB yang merasa tidak nyaman timeline mereka dipenuhi dengan status yang isinya jualan terus. Mungkin kalau cara berjualannya dibuat lebih menarik, misalnya storytelling, maka status jualannya ngga dianggap mengganggu bahkan jualannya laris.

Nah, apa alasan mu menghapus pertemanan di media sosial Facebook?

SUMBER

 

Share this post:

Youtube Channel

Facebook Page