Beredar Video Bencana Lumpur di Bogor, BPBD Pastikan Hoax

Beredar video yang menyebut ada pergerakan tanah lumpur di Bogor, Jawa Barat. BPBD Kabupaten Bogor memastikan video yang tersebar di media sosial itu hoax.

“Hoax, hoax. Sudah dipastikan itu bukan di Bogor. Hari ini saya dapat banyak sekali pertanyaan itu (video lumpur di Bogor),” kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Mitigasi Bencana pada BPBD Kabupaten Bogor, Dede Armansyah, ketika dihubungi, Senin (6/1/2020).

“Iya yang katanya lumpur itu kan? Bukan, bukan (di Bogor). Hoax,” tegasnya.

Dede mengaku tidak mengetahui lokasi sebenarnya kejadian dalam video itu. Namun dia memastikan di wilayah Kabupaten Bogor tidak ada bencana susulan.

“Dari jalur resmi kita cek, ke camat, nggak ada informasi (bencana susulan). Kasih tahu ke semua, itu hoax,” ungkap dia.

Sebelumnya, beredar video viral berdurasi 29 detik dengan narasi yang menyebut ada pergerakan tanah lumpur di Jasinga, Kabupaten Bogor. Dalam narasi video itu disebutkan bencana tersebut terjadi hari ini (6/1).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menelusuri video itu. Salah satunya dari Pemkab Lebak, Banten.

“Berdasarkan sumber yang diterima dari Bupati Kabupaten Lebak, peristiwa tersebut terjadi di aliran Sungai Ci Durian yang melalui Kecamatan Curug Bitung dan Kecamatan Maja. Sungai Ci Durian merupakan sungai yang mengalir dari Pegunungan Halimun melewati Kabupaten Bogor dan Banten kemudian bermuara di Laut Jawa,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo seperti dikutip dari situs BNPB.

SUMBER

 

Share this post:

Youtube Channel

Facebook Page

Instagram Feed

Error: Access Token is not valid or has expired. Feed will not update.
This error message is only visible to WordPress admins

There's an issue with the Instagram Access Token that you are using. Please obtain a new Access Token on the plugin's Settings page.
If you continue to have an issue with your Access Token then please see this FAQ for more information.