Jangan Lekas Percaya Screenshot Chat WhatsApp, Mungkin Palsu

Pernah dapat tangkapan layar (screenshot) berisikan informasi chat WhatsApp tertentu yang lantas bikin heboh? Jangan cepat percaya. Gampang lho bikin fake chat.

Di tengah perkembangan teknologi saat ini, arus informasi jadi berlalu-lalang cepat sekali. Hoax alias informasi palsu pun ikut pula bermunculan.

 

Agar tak jadi jadi korban tentu butuh kewaspadaan. Salah satu caranya adalah tak langsung menelan bulat-bulat kabar yang didapat. Hasil tangkapan layar sebuah chat WhatsApp, misalnya.

Jika kamu melihat atau menerima sebaran screenshot chat WhatsApp tertentu, jangan serta-merta percaya dengan keabsahan obrolan itu. Apalagi kalau chat WhatsApp tersebut berisikan nama-nama kondang atau gosip bombastis.

Perlu diketahui, saat ini sangat mudah sekali untuk membuat fake chat alias obrolan palsu WhatsApp. Ada beragam aplikasi yang dapat digunakan, baik dalam versi website maupun mengunduh aplikasi mobile.

Fake chat yang dihasilkan pun bisa sedemikian meyakinkan karena ada sejumlah pilihan antarmuka demi bisa menyerupai chat WhatsApp aslinya. Mulai opsi memasukkan foto profil dan gambar background WhatsApp, sampai yang tampak sepele macam pengaturan jam dan status seluler.

Kalau fake chat macam ini dibuat untuk sekadar lucu-lucuan, sih, mungkin tak mengapa selama tidak ada yang dirugikan. Tentu beda halnya kalau dilakukan dengan niatan negatif.

Nah, setidaknya kamu kini sudah tahu kan betapa mudahnya bikin fake chat WhatsApp macam itu? Jadi yuk lebih cermat menelaah informasi dan waspadai pula potensi hoax dari hal-hal seperti ini.

 

SUMBER

 

Share this post:

Youtube Channel

Facebook Page