Melihat Dampak Sosial Media Masa kini

Melihat Dampak Sosial Media Masa kini

Sosmed. . .

Apa sih yang ada di benak kalian jika mendengar kata sosmed?

Seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain lain.

Mungkin kalian akan menjawab nya asik, seru, ramai, kece, eksis, gaul, update dan masihhh banyak lagi mungkin.Apa lagi jika kalian bisa nemuin tambatan hati di social media, pasti bakalan rajin banget online.

Sesuatu itu pasti punya dampak negative maupun dampak positifnya. Nah untuk sosial media sendiri sebenarnya banyak manfaatnya seperti tika bisa mengetahui keadaan saudara atau teman kita yang jauh tempatnya dari kita, kita bisa posting yang bermanfaat buat orang lain seperti tips, atau kita bisa komentar saran buat temen temen atau sodara yang lagi membutuhkan saran. Namun dibalik semua manfaat itu masih banyak sekali orang orang menggunakan sosial media atau jejaring sosial ini sebagai cara untuk memperkancarkan kriminalnya. Untuk kali ini saya ingin membahas beberapa pengaruh situs jejaring sosial untuk anak remaja. Lebih tepatnya untuk anak sekolah atau siswa sih.

Akhir akhir ini banyak sekali masalah yang ditimbulkan oleh sosial media di realita kehidupan kita, terlebih dampaknya adalah di dunia pendidikan kita. Prestasi belajar menjadi menurun, motivasi pun kini menurun, juga minat untuk aktif dalam mata pelajaran pun turunpula. Kali ini saya akan posting pengaruh situs jejaring sosial terhadap remaja masakini.

·Berkurangnya waktu belajar siswa

Ini adalah hal yang paling jelas karena jika kita sedang mengakses internet terlebih untuk membuka jejaring sosial atau sosial media ini kita akan lupa waktu. Dan selalu asik dengan sosial media yang kita ikuti.

Kadang orang tua telah menegurnya namun tak banyak orang tua pula yang tidak tahu pengaruh negative ini. Jadi bantu lah anak untuk memenejemen waktu nya. Kapan kita harus belajar dan kapan kita harus bersantai.

·Membuat seseorang jadi sulit bergaul

Karena saking asiknya mereka bercengkrama di sosial media membuat mereka tidak peduli (cuek) akan keadaan sekitar.Terkadang pula saking asiknya kita chat dengan teman baru di media sosial membuat kita lupa saat ibu kita atau ayah kita membutuhkan bantuan. Sungguhlah tidak baik jika kita tidak bisa peduli akan keadaan sekitar terutama lingkungan keluarga, itu akan berpengaruh buruk terhadap masa depan kita. Memang pada saat kita chat di media sosial adalah merupakan sosialisasi namun apakah orang yang kita kenal di media sosial itu lebih penting di banding keluarga?

·Boros dan menghambur hamburkan uang

Dalam mengakses internet pastilah menggunakan pulsa atau jika kita mengases internet di warnet juga menggunakan uang. Dan pulsa sendiri kita kan juga harus membelinya, dan untuk membeli kita pun butuh uang? Benar kan? Dan itu semua hanya untuk membuka jejaring sosial?

Dan ada pula kasus siswa yang meminta uang kepada orang tuanya dia bilang untuk ke warnet demi mengerjakan tugas, namun uang itu mereka salah gunakan bukan untuk mengerjakan tugas melainkan untuk membuka jejaring sosial. Bibit kebohongan pun ada…

Dan yang lebih memprihatinkan lagi ada juga yang menggunakan uang spp untuk berfoya foya ke warnet. Sungguh sangat sangat memprihatinkan.

·Egois

Hampir sama dengan susah bergaul namun sifat egois ini bisa membuat dan mengakibatkan kurang bahkan tidak berempati maupun mempunyai rasa simpati terhadap orang lain. Karena manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.

·Malas

Inilah efek dari jejaring sosial yang paling sering di alami oleh pecandu jejaring sosial. Mereka menjadi malas untuk belajar bahkan beribadah apalagi jika sampai lupa makan, hehehe karena mereka terlalu asik dengan dunia maya. Dan sehingga mereka meninggalkan kewajiban mereka sebagai siswa maupun mahluk.

Jadi selalu awasi anak anak anda. Jangan sampai mereka menjadi korban jejaring sosial. Namun jangan sampai pula anda melarang anak anda untuk mengakses internet karena tehnologi itu sangatlah penting di era masa kini.

SUmber: http://www.kompasiana.com/amallya-luckyta/melihat-dampak-sosial-media-masa-kini_54f97fa3a3331142038b514a

 

Share this post:

Youtube Channel

Facebook Page