Polisi Laporkan 30 Akun Penyebar Hoax Girder Flyover Tol Ambruk

Surabaya РPeristiwa girder flyover Tol Pasuruan-Probolinggo, ambruk di Grati, Pasuruan, banyak yang memberi kabar atau berita bohong. Polisi pun take down 30 akun di medsos dan 300 akun diklarifikasi.

“30 Akun kita take down, kita laporkan ke facebook dan instagram karena menyebarkan informasi palsu dengan menyebut jumlah korban, lebih dari kondisi di lapangan,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera kepada detikcom, Senin (30/10/2017).

Meski dilaporkan, Polda Jatim tidak memproses lebih lanjut 30 akun yang dianggap menyebarkan kabar atau berita bohong, yang menyebut jumlah korban lebih 5 orang. “Kita akan pantau terus media sosial agar tidak ada lagi penyebaran berita bohong,” ujar dia.

Selain melaporkan 30 akun media sosial, Polda Jatim juga mengintervensi 300 akun dengan mengirim pesan agar segera mengganti status yang diupload. Ini agar tidak terjadi keresahan karena penyebaran berita bohong.

“300 Akun kita inbox untuk segera mengganti statusnya agar tidak menjadi viral dan meresahkan,” tegas dia.

Hari ini, kata Barung, pihaknya mulai memeriksa hasil identifikasi di lokasi. “Untuk pemeriksaan terhadap kontraktor dan pekerja tidak mungkin kita lakukan hari ini, karena mereka masih berkabung. Tapi pemeriksaan dengan mencari penyebab dari identifikasi tetap kita lakukan,” tambah Barung.

Girder pembangunan flyover proyek tol Pasuruan-Probolinggo di Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan ambruk, Minggu (29/11). Ambrukan girder itu menimpa 4 kendaraan operasional di bawahnya yakni, truk kontainer, pikap dan dua motor.

Peristiwa itu juga mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan dua lainnya luka-luka.
Belum diketahui penyebab ambruknya girder. Ambruknya girder terjadi saat balok beton sepanjang 50,8 meter dengan berat 100 ton yang tengah diangkat dengan crane itu goyang dan menyenggol dua girder yang sudah terpasang.
(ze/fat)

SUMBER

 

Share this post:

Youtube Channel

Facebook Page

Instagram Feed

Error: Access Token is not valid or has expired. Feed will not update.
This error message is only visible to WordPress admins

There's an issue with the Instagram Access Token that you are using. Please obtain a new Access Token on the plugin's Settings page.
If you continue to have an issue with your Access Token then please see this FAQ for more information.