Press Relase Kopdar Gerakan #BijakBersosmed , Jogjakarta 05 Oktober 2017

Press Relase Kopdar Gerakan #BijakBersosmed , Jogjakarta 05 Oktober 2017

SIARAN PERS

MENCARI PEMUDA DENGAN SOLUSI, BUKAN PEMUDA PENCACI MAKI
Kopdar Gerakan #BijakBersosmed dari Yogyakarta untuk Indonesia

Yogyakarta, 5 Oktober 2016 – Setelah peluncuran Gerakan #BIJAKBERSOSMED di akhir Agustus 2017 kemarin, kali ini Gerakan #BIJAKBERSOSMED bersama komunitas di Yogyakarta melakukan kopi darat (KOPDAR) untuk bersama-sama mendorong penggunaan sosial media dengan bijak, cerdas, aman dan sehat.

Kopi Darat yang dilakukan di Angkringan Pendopo Ndalem (Angkringan JAC), Jalan Sompilan 12, Ngasem, Yogyakarta ini dihadiri oleh berbagai komunitas di Yogya diantaranya: PAIJO (Paguyuban Admin Jogja), MASDJO (Masyarakat Digital Jogja), Roemah Toea, Standupindjogja , Genpi Jogja, Komunitas Blogger Jogja, Emak Bloger, Kompasiana, Nonton YK, Merawat Jogja, Jogja Garuk Sampah, Soundcloud YK, dan Kaskus Regional Yogyakarta.

Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo sebagai inisiator dari gerakan Gerakan #BijakBersosmed ini menyambut baik Kopdar #BIJAKBERSOSMED di Yogyakarta ini yang diikuti oleh sekitar 200 peserta. Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia, Indosat Ooredoo senang bisa mendukung sekaligus menjadi bagian dari gerakan publik ini sebagai upaya bersama untuk memperbaiki dan menjaga jagad media sosial Indonesia. Gerakan #BijakBersosmed ini juga menjadi bagian dari rangkaian peringatan 50 Tahun HUT Indosat Ooredoo.

“Kondisi media sosial sekarang sudah semakin mengkhawatirkan karena banyak pihak berusaha membajak dan merusak media sosial dengan menyebarkan kebencian dan hoax untuk kepentingan tertentu. Indosat Ooredoo mendukung penuh gerakan #BIJAKBERSOSMED sebagai gerakan yang berinisiatif untuk mengajak masyarakat luas agar saling mengingatkan dan menggunakan media sosial secara lebih bijak dan memanfaatkan secara positif,” ujar Deva Rachman.

Dedy Permadi, Ketua Gerakan Literasi Digital Nasional #SIBERKREASI yang merupakan gerakan publik untuk mendorong lebih banyak konten positif di ruang digital kita, menyampaikan bahwa, “Sudah saatnya sekarang ada tindakan nyata dari kita sebagai masyarakat dan berbagai komunitas, organisasi yang peduli pada dunia digital untuk bukan saja menjaga media sosial agar dimanfaatkan secara positif, caranya adalah dengan mengajak dan memperbanyak lagi konten-konten positif, kegiatan positif dengan dampak yang juga dirasakan langsung. Dari pendidikan hingga UKM, media digital bisa masuk dan membantu di berbagai bidang.

Sementara itu, Enda Nasution, Koordinator Gerakan #BijakBersosmed menyampaikan bahwa gerakan ini adalah sebuah kegiatan yang harus dilakukan secara terus menerus, “Di tahun-tahun mendatang, 2018 dan 2019, yang akan menjadi tahun politik, pertentangan dan kompetisi memenangkan perhatian publik via platform-platform media sosial akan menjadi lebih sengit lagi, kita harus bisa menjaga agar media sosial membantu mempersatukan masyarakat Indonesia dan bukan memperdalam perpecahan, ini akan menjadi

batu ujian kita bersama” tambahnya.

Bentuk utama dari Gerakan #BijakBersosmed selain penyebaran informasi penggunaan media sosial yang bijak, yang akan didukung oleh video-video informatif dan ebook, juga akan berupa penyediaan ikrar #bijakbersosmed online yang dapat dilakukan dengan mengunjungi website www.bijakbersosmed.id

TENTANG GERAKAN #BIJAKBERSOSMED

Gerakan #BIJAKBERSOSMED adalah gerakan kesadaran publik untuk menggunakan sosial media yang cerdas, sehat, aman dan bijak, sebagai respon pada maraknya praktek penyebaran hoax, saling serang, dan penyebaran kebencian yang terstruktur dan sistematis.

Informasi lengkap dari kegiatan #BIJAKBERSOSMED dapat dilihat di website: www.bijakbersosmed.id dan juga didukung oleh akun-akun sosial media yaitu:
Facebook: bijakbersosmed.id
Twitter: @bijakbersosmed_
Instagram: @bijakbersosmed_

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
ENDA NASUTION
Koordinator Gerakan #BIJAKBERSOSMED
Web: www.bijakbersosmed.id
Email: enda@bijakbersosmed.id
Phone: +62 813 9487 1625

 

Share this post:

Youtube Channel

Facebook Page